Makanan

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah Minang

Jakarta – Sebelum nasi telur jadi olahan hits, orang Minang sudah memiliki olahan telur tradisional yang enak. Mulai dari rendang telur hingga telur dadar!

Ada banyak olahan telur tradisional di Indonesia. Jika orang Betawi punya kerak telor yang terkenal, orang Minang di Sumatera Barat punya beberapa olahan telur nikmat yang jadi makanan favorit banyak orang Indonesia. Apa saja olahan telur khas Minang? detikFood merangkum informasinya seperti berikut.

1. Telur balado

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah Minang

 

Foto: Instagram umijikitchen
Balado adalah bumbu populer dari Minang. Balado identik dengan warna merah menyala karena menggunakan cabai merah sebagai bahan utamanya. Selain cabai keriting merah dan cabai rawit merah, balado dibuat dengan bawang merah dan garam yang ditumis harum dengan jejak minyak.

Ada banyak olahan balado di Minang. Selain dendeng, yang juga terkenal adalah telur balado. Telur rebus ditumis bersama sambal balado hingga matang dan harum. Telur balado jadi lauk pelengkap lontong sayur Padang hingga lauk utama nasi rames Minang. Bisa ditambah petai jika suka.

2. Talua Barendo

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah MinangFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Mampir ke beberapa rumah makan Minang, Anda bisa menemui telur dadar yang jadi menu andalan di sana. Berbeda dari telur dadar biasa yang tipis, telur dadar Minang dikenal sebagai telur dadar kembung karena tebal. Teksturnya empuk, warnanya kemerahan karena memakai sambal.

Telur dadar kembung dibuat dengan bahan telur bebek atau telur ayam. Pelengkapnya ada kelapa parut sangrai, tepung beras, daun kunyit muda, daun bawang, dan lada garam secukupnya. Telur dadar kembung mudah diracik sendiri dengan mengikuti langkah ini.

Selain telur dadar kembung yang tebal, di rumah makan Kapau ada telur dadar yang digoreng dadakan begitu ada pesanan. Telur dadar ini juga tebal namun teksturnya lebih garing dan gurih. Dikenal dengan nama Talua Barendo atau telur berenda. Karena digoreng dalam minyak panas dan banyak hingga kelilingnya keriting gurih dan garing. Telur dadar ini ada di Kedai Pak Ciman atau Kedai Juragan.

3. Rendang talua

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah MinangFoto: Istimewa

Foto: Instagram takanakafe7484
Rendang tak melulu daging sapi saja. Beragam bahan makanan bisa dimasak menjadi rendang termasuk telur. Rendang ini dikenal dengan sebutan rendang talua yang populer sebagai sajian dan oleh-oleh dari Payakumbuh.

Rendang talua memiliki bentuk lempengan tipis kotak-kotak seperti keripik. Teksturnya renyah dengan rasa gurih karena telur dibuat menjadi adonan sebelum digoreng garing. Lempengan adonan kemudian dipotong-potong dan dimasak dengan bumbu rendang sehingga garing renyah bersama bumbunya yang mengering.

4. Gulai telur

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah MinangFoto: Istimewa

Foto: Instagram kualihelena
Seperti halnya rendang yang melegenda dari ranah Minang, ada gulai yang juga terkenal. Gulai tak hanya daging atau ikan saja, tapi juga gulai telur yang kental berwarna kuning. Gulai telur bisa dimakan dengan nasi atau dijadikan pelengkap ketupat atau lontong.

Bumbu wajib untuk gulai ada banyak jenisnya. Mulai dari daun kunyit muda, asam kandis, serai, hingga lengkuas. Belum lagi tambahan bumbu lain seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, adas manis, jintan dan garam. Cara membuat gulai telur khas Minang ada di sini.

5. Martabak telur Kubang

Talua Barendo dan Rendang Talua yang Lezat dari Ranah MinangFoto: Istimewa

Foto: Istimewa
Tak kalah unik dan enak, ranah Minang punya martabak telur khas bernama martabak Kubang. Kepopulerannya bahkan sudah merambah kota-kota besar lain, bukan hanya di Padang atau kota Sumatera Barat lain. Martabak telur Kubang juga sering disebut martabak Mesir.

Sebenarnya martabak ini merupakan inovasi martabak kari mamak khas India. Adalah Haji Yusri Darwis yang kemudian disingkat jadi Hayuda, sosok di balik ketenaran martabak telur Kubang. Ia mulai menjual martabak ini sejak 1971.

Martabak telur Kubang diracik dengan adonan telur lalu diberi isian rendang sapi yang gurih berempah. Untuk kuahnya memakai kuah cuka yang makin enak ditambahkan sari nanas.

Nira Ramadhan
Nira Ramadhan
10 Tahun pengalaman Jurnalistik. Manager Produksi KompasTV, dan mantan Anggota DPRD 4 Jakarta Selatan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments