Perjalanan

Jeli Pakai Airbnb! Ini Kisah Kamar Fiktif Rp 168 Juta di Ibiza

Jakarta – Ingin berlibur di Ibiza, pasangan dari Inggris ini pun menghabiskan 9.610 pound sterling buat akomodasi lewat listing Airbnb, layanan online penyedia jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Nyatanya kamar itu fiktif belaka.

Ian dan Denis Feltham, demikian nama pasangan tersebut. Rencana mereka melancong ke Ibiza di Spanyol mengikutsertakan paket supermewah seharga 9.610 pound sterling (Rp 168 juta) berupa dua pekan di sebuah penthouse VIP yang dijanjikan berisikan bak mandi Turki dan teras luks.
Jeli Pakai Airbnb, Ini Kisah Kamar Fiktif Rp 168 Juta di Ibiza
Selain itu, listing akomodasi pilihan pasangan Feltham ini juga ramah hewan peliharaan. Hal ini pun penting karena mereka bepergian dengan dua anjing Yorkshire terrier kesayangan.

Yang menjadi masalah adalah ketika pasangan Feltham sampai ke lokasi penginapan yang dijanjikan, kamarnya ternyata fiktif. Diwartakan CNN.com, foto-foto tempat pilihan pasangan Feltham di listing AirBnB itu ternyata dikompilasi dari sejumlah kondominium yang disewakan dan dijual di situs web kompleks Las Boas.

Staf Las Boas sendiri menyebut listing di Airbnb tersebut “palsu” karena properti yang hendak disewa pasangan Feltham tidak eksis di antara 40 unit yang ada di situs Las Boas. Selain itu, rincian yang ditemui di listing Airbnb pun ketahuan tidak sama dengan yang ada di kompleks Las Boas. Lift pribadi ke satu unit kamar, misalnya, yang sama sekali tidak dimiliki Las Boas.

Airbnb dinyatakan sedeng menyelidiki listing yang dipersoalkan seraya melakukan penyelidikan. Tapi pasangan Feltham tetap kecewa. Hal itu turut didasari pada kerepotan mereka mencari hotel yang membolehkan hewan peliharaan masuk kamar, segera setelah mendapati bahwa kamar yang sudah mereka pesan ternyata benar-benar tidak nyata.

“Mereka organisasi tanpa wujud yang benar-benar seperti sampah,” kata Feltham dalam pesan LinkedIn-nya kepada CNN.

Disebutkan pula bahwa pasangan itu sebenarnya sempat sedikit curiga dengan listing yang mereka pilih, sampai mengontak pihak Airbnb. Tapi Feltham mengaku terus dilempar-lempar pihak Airbnb sampai akhirnya waktu keberangkatan sudah mepet.

Nira Ramadhan
Nira Ramadhan
10 Tahun pengalaman Jurnalistik. Manager Produksi KompasTV, dan mantan Anggota DPRD 4 Jakarta Selatan
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments