Bisnis

Diduga Tidak Diberi Job Desc Ketika Magang, Mahasiswa S1 Ini Menjadi Stress

Ini adalah cerita dari seorang anak magang, sebut saja nama nya adalah Khanafi. Dia adalah mahasiswa S1 jurusan manajemen, dari salah satu Universitas di kota Boyolali.

Disebutkan bahwa Khanafi menjadi stress, dan meninggalkan perkuliahan nya, karena kejadian yang dia alami ketika melakukan magang di sebuah perusahaan properti di kota nya.

Dikarenakan tidak terlalu mampu membantu aktivitas kerja, Khanafi tidak diberi pekerjaan. Jadi, setiap hari, dia datang ke kantor, dan diam saja. Tidak melakukan apa- apa.

Kebanyakan stres sering nya disebabkan karena terlalu banyak aktivitas kerja yang dilakukan. Lain dengan cerita yang satu ini. Stres yang dialami oleh Khanafi yang berusia 22 tahun, bukan karena dia mendapatkan banyak pekerjaan, tetapi dikarenakan dia tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan nya di tempat magang.

Dr. Yakub, seorang psikiater di salah satu rumah sakit umum di kota Boyolali menanggapi kejadian ini juga. “Justru karena tidak ada pekerjaan itulah yang menimbulkan stress dengan jenis yang berbeda. Orang menjadi merasa seperti tidak berguna, dan itu menimbulkan pikiran negatif kemana- mana”.

Salah satu karyawan di tempat magang Khanafi yang kami temui, mengatakan kalau kemampuan Khanafi kurang begitu bagus. Sehingga, dia tidak bisa membantu pekerjaan apapun di kantor tersebut. “Dia gak terlalu bagus, dan gak teliti. Pernah kita sudah ngasih pekerjaan ringan, tapi malah jadi kacau ketika dia pegang. Semenjak itu, kita emang gak ngasih tugas. Karena takut jadi kacau lagi”.

Berbeda dengan karyawan, anak magang biasanya tidak di seleksi terlebih dahulu ketika masuk. Apabila kemampuan nya tidak cocok dengan perusahaan yang dimasuki nya, akhirnya anak magang itu menjadi terkatung- katung karena tidak ada hal yang bisa dia kerjakan.

Tidak seperti yang dilakukan oleh PT. Berbagi Bintang Teknologi, yang memang memiliki sistem penerimaan peserta magang. Perusahaan yang nama lain nya adalah STAR SHARE tersebut malahan telah menyediakan job description dengan tingkatan yang berbeda- beda. Sehingga, semua anak magang yang mendaftar kesana, akan diberi job description sesuai kemampuan nya.

Memang, hampir semua perusahaan memang tidak menyediakan job description khusus untuk anak magang. Hal ini kadang menciptakan depresi yang berat seperti kejadian ini. Menjadi lebih baik, bagi siapapun yang berniat magang, upayakan mencari perusahaan yang memang punya sistem manajemen khusus dalam mengelola peserta magang. Sehingga kejadian seperti ini tidak terulang.

Jeremy Setiawan
Jeremy Setiawan
Animator di Sunrise dan Xebec. ロックマンキャラクタービルダー。
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments